9 Tips Sukses Memulai dan Memilih Bisnis Sampingan
August 9, 2014
Jasa Pembuatan Website Toko Online
6 Cara membangun Bisnis Online Sendiri
August 19, 2014

12 Tips Praktis Memulai Usaha Pribadi

1. Siapkan Mental

Mental adalah hal pertama yang harus disiapkan. Mental Pengusaha cenderung untuk menginvestasikan sebagian dari pengahasilan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar, sedangkan karyawan cenderung menghabiskan gaji bulannya. Kuatkanlah mental anda sebagai seorang pengusaha mulai dari sekarang.

2. Bidang Usaha

Tentukan bidang usaha yang akan kamu buka. Kamu bisa memilih bidang usaha yang belum pernah ada atau yang sudah banyak.

3. Siapkan Modal

Menyiapkan modal meskipun tidak banyak usaha yang bisa kit mulai dari 2-10 juta rupiah karena setiap usaha membutuhkan modal. Jika kesulitan dengan modal yang banyak maka ajaklah soaudara atau teman anda untuk merintis usaha. Usahakan jangan memulai usaha dengan meminjam modal dari bank, sebab akan terlalu beresiko jiak sudah terbebani dengan hutang diawal usaha.

4. Fokus

Fokuslah untuk satu bidang usaha terlebih dahulu. Jangan terburu dalam mengembangkan usaha kemungkinan gagal lebih besar karena terlalu banyak mencoba bidang usaha lain dan tidak fokus pada peningkatan bisnis awal.

5. Lokasi

Lokasi yang strategis akan mempengaruhi usaha yang akan anda mulai. Pilih lokasi yang strategis, yaitu dekat dengan tempat aktivitas masyarakat, perkantoran, sekolah, atau kampus.Lokasi yang startegis tentu membutuhkan dana investasi yang besar pula. Untuk usaha baru yang dirintis usahakan memnfaatkan ruangan rumah ataupun lahan yang anda miliki sebagai tempatnya. Banyak, kok usaha yang sukses yang berawal dari garasi rumah.

6. Cara Berbisnis

Caranya sangat sederhana. Misalnya anda membeli barang dengan harga Rp. 5000 kemudian anda menjualnya dengan harga Rp. 6000. Intinya anda memperoleh keuntungan dengan penjualan barang tersebut.

7. Cari Pelanggan

Ada beberapa cara untuk pemasaran usaha antara lain :
a. Promosi dari mulut ke mulut. Ceritakan bidang usaha kepada teman anda kemudian mintalah bantuan untuk menyebarkan ke teman-temannya
b. Promosi dengan Brosur, buatlah plang yang menunjukkan lokasi usaha anda serta tempat2 strategis
c. Promosi dengan memasang iklan di internet. banyak orang yang senang berbelanja dengan cara online, atau mencari informasi barang dan jasa yang dibutuhkan, melalui internet.

8. Perencana Keuangan

Perencanaan keuangan harus pandai dalam mengatur keluar masuknya uang. Pisahkan keuangan usaha dengan keuangan pribadi. Banyak yang gagal karena keuangan usaha dan pribadi tercampur jadi satu.

9. Pegawai

pada awal uaha hanya membutuhkan pegawai yang sedikit. Selai kamu sendiri libatkan orang terdekat anda untuk membantu mengelola. Tujuannya agar mereka dapat ikut merasa memiliki usaha tersebut. Setelah usahamu berkembang, kamu bisa mepekerjakan pegawai tambahan.

10. Resiko

Tentu ada resiko dalam melakukan sesuatu termasuk membangun sebuah usaha. Namun anda seharusnya sudah mengetahuai resiko yang akan anada alami. Jagalah nama baik anda untuk kelangsungan usaha yang anda tekuni. Sekali saja nama baikmu tercoreng, saat itu juga usaha yang telah kamu rintis, bisa saja hancur.

11. Antisipasi Kegagalan

Mimimalkan resiko yang ada untuk mengantisipasi kegagalan. Anda dituntut bersikap tegas dan bertindak, terutama bila terlihat ada sesuatu yang tidak beres.Buatlah aturan pengambilan usaha dari cara dan jumlahnya harus tersistem dengan jelas. Dan harus mempunyai sistem yang baku.

12. Mulai!

Sudah memikirkan segala sesuatunya? Kalau begitu, mulailah!

Sekarang yang perlu anda lakukan adalah mulai bergerak! Jika bukan sekarang, kapan lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *