13 Karakter Menjadi Sukses Dalam Menapaki Usaha Dan Bisnis
August 7, 2014
9 Tips Sukses Memulai dan Memilih Bisnis Sampingan
August 9, 2014

5 Cara Mengembangkan dan Membangun Brand Bisnis Toko Online di Sosial Media

Maraknya pertumbuhan bisnis toko online beberapa waktu belakangan ini, sepertinya tak lepas dari peran besar sosial media yang berkembang di Indonesia. Meskipun pada dasarnya keberadaan sosial media bukan dikhususkan sebagai lapak promosi bisnis online, namun pengaruhnya ternyata cukup besar bagi perkembangan bisnis digital di negara kita. Sehingga tidak heran bila sampai saat ini masih banyak pelaku bisnis toko online yang memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk-produk unggulannya. Apa Anda termasuk salah satunya?

Social media ada banyak rupa, di antaranya adalah blog dan social networking media. Blog bersifat lebih personal, dimana anda dapat menuangkan pemikiran atau ide dan pengunjung dapat meninggalkan respon (komentar). Sedangkan social networking meliputi berbagai platform dan website yang merupakan alat komunikasi dan pembangun komunitas massal. Penggunanya dapat berkomunikasi lebih dari dua arah, memiliki bermacam jaringan, dan dapat menciptakan komunitas-komunitas tertentu. Komukasi yang dibangun pun cenderung secara langsung, misalnya lewat chat. Mengenal bentuk-bentuk social media sangat penting untuk mengawali usaha membangun brand.
Jika Anda yang tertarik memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan bisnis toko online yang dijalankan, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut untuk menjaga nama baik atau brand image dari produk yang Anda pasarkan. Hal ini sangatlah penting, sebab jika Anda lengah maka nama besar perusahaan Anda yang menjadi taruhannya.

Lalu, kira-kira hal apa saja yang perlu diperhatikan para pelaku bisnis toko online dalam menggunakan sosial media? Berikut kami informasikan tips membangun brand toko online di sosial media yang perlu Anda perhatikan dari sekarang.

1. Berikan postingan yang bermanfaat bagi konsumen

Mengingat akun Anda mengusung nama baik dari brand produk yang dipasarkan, maka sebelum memposting sesuatu di akun tersebut sebaiknya pikirkan dengan matang nilai tambah yang Anda berikan bagi para konsumen. Dalam hal ini Anda bisa berbagi informasi menarik seputar bisnis Anda, memberikan tips dan trik yang bermanfaat bagi para konsumen, serta bisa juga membuka peluang kerjasama bagi para konsumen yang tertarik menjadi reseller produk Anda. Dengan begitu, para konsumen bisa lebih mengenal produk Anda dan tidak menutup kemungkinan bisa lebih loyal dengan perusahaan Anda.

2. Beri perhatian khusus pada konsumen

Dalam mempromosikan bisnis toko online di sosial media, sebaiknya jangan hanya fokus memikirkan posting iklan produk. Sebab, keterikatan dengan para konsumen turut serta membesarkan brand produk Anda. Oleh karena itu, beri ruang khusus bagi para konsumen agar mereka bisa membangun komunikasi dua arah dengan Anda, selain itu Anda juga bisa melibatkan mereka dalam mempromosikan produk-produk Anda. Strategi promosi seperti ini memang cukup efektif, mengingat sekarang ini calon konsumen lebih mudah percaya apabila mendapatkan rekomendasi langsung dari orang-orang terdekatnya.

3. Apapun kondisinya katakan dengan jujur pada konsumen Anda

Untuk mendatangkan omzet yang cukup besar, tak jarang sebagian pelaku bisnis toko online melakukan kecurangan untuk menarik minat konsumen. Tentu tindakan seperti ini tidak kami rekomendasikan, karena hanya akan merusak citra baik produk Anda dan menghilangkan kepercayaan dari para konsumen. Karena itu, pastikan bila Anda selalu mengatakan kondisi yang sejujurnya kepada para konsumen Anda, dan sampaikan dengan cara yang baik agar mereka bisa menerima ketidaknyamanan tersebut dengan respon yang positif.

4. Membedakan antara bisnis dan urusan pribadi

Sebagai pelaku usaha, tentunya Anda juga perlu memilah mana kepentingan bisnis dan mana urusan pribadi Anda. Biasakan untuk tidak mencampuradukan keduanya ketika berpromosi di sosial media. Hal ini perlu Anda perhatikan, agar Anda bisa menjaga kepercayaan konsumen dengan memperlihatkan profesionalisme kerja toko online Anda. Dengan begitu, konsumen bisa mendapatkan informasi sebanyak mungkin tentang brand produk yang Anda pasarkan, tanpa terganggu postingan urusan pribadi Anda yang tentunya tidak mereka pahami.

5. Lakukan promosi sesuai dengan bidang Anda

Ketika mempromosikan produk maupun jasa di sosial media, pastikan bahwa Anda selalu mengangkat topik atau tema yang relevan dengan bidang usaha yang dijalankan. Poin ini perlu Anda perhatikan dengan baik, agar konsumen bisa mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai produk Anda dan mulai percaya dengan kualitas bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *