Apa Itu Affiliate Marketing?
November 5, 2015
Bisnis Online : 5 Kesalahan Dalam Pemanfaatan SEO
January 24, 2016

7 Tips Menggunakan Pinterest dalam Bisnis

Pinterest merupakan situs dengan perkembangan tercepat dalam sejarah yang bisa menarik pengunjung unik bulanan sebanyak 10 juta lebih. Ini lebih cepat dari Facebook, Twitter dan Google. Pinterest bagi pemilik bisnis kecil dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk lebih banyak menjaring calon pelanggan. Basis penggunanya makin besar dan dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi. Jika pasar yang Anda bidik adalah kaum wanita, Pinterest adalah tempat yang sesuai untuk berpromosi. Ia bisa mempengaruhi calon pembeli dan membuatnya memutuskan untuk membeli via online. Berikut adalah 7 tips menggunakan Pinterest dalam bisnis.

1. Riset Pasar

Gunakan Pinterest sebagai alat meneliti pasar. Apakah yang dipikirkan konsumen? Apa yang mereka mau beli? Apakah harapan mereka dan impian mereka? Apakah produk yang sedang naik daun? Menemukan jawaban dari semua pertanyaan itu biasanya sangat sukar. Dengan Pinterest, Anda bisa mengalamati secara real time apa yang setiap orang pikirkan sekarang.

2. Paket Produk

Gunakan Pinterest untuk membuat paket produk. Kelompokkan beberapa barang berbeda bersama dan promosikan dalam satu paket. Anda bahkan bisa memamerkan paket produk secara rutin. Misalnya jika setiap minggu orang mengetahui Anda memiliki 4 paket produk, mereka akan berlangganan ke feed Anda untuk bisa menemukan rilis paket berikutnya yang menarik.

3. Ide Produk Berikutnya

Jenis ide apakah yang dipertimbangkan perusahaan? Satu cara untuk memungkinkan pengguna Anda berpartisipasi dalam proses penentuan keputusan ialah dengan menyajikan semua ide yang mungkin di board Pinterest.

4. Tambahkan Penunjuk Harga untuk Menyarankan Hadiah

Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana beberapa barang di Pinterest dilabeli penunjuk harga? Anda bisa melakukan ini dengan hanya menambahkan deskripsi barang di Pinterest. Misalnya, jika Anda mengatakan “Mangkuk ini hanya seharga RpXXX” penunjuk harganya akan tampak di gambar barang dan akan muncul dalam kategori “hadiah”.

5. Kenalkan Produk Dengan Lomba Foto

Pinterest ialah platform yang ideal untuk mengadakan lomba foto. Anda bisa menggunakannya dengan jejaring sosial lain seperti Facebook untuk memberikan detil lomba foto. Adakan lomba untuk menunjukkan pin terbaik dari produk Anda atau memakai barang berlogo merek Anda yang digunakan di kehidupan sehari-hari. Orang dari seluruh dunia akan menunjukkan foto produk Anda atau berbagi mengenai merek Anda, membawa lebih banyak traffic dan branding dengan gratis.

6. Board Berisi Visi

Buatlah board berisi pin di mana Anda menginginkan perusahaan Anda untuk berada dalam satu, lima atau 10 tahun lagi. Gunakan ini untuk memandu keputusan Anda dan mendorong semangat karyawan. Produk apa yang Anda hendak jual? Konsumen apa yang Anda hendak layani? Negara mana yang Anda hendak jadikan wilayah operasi? Seberapa besar Anda akan membesarkan perusahaan? Seperti apa seharusnya kantor Anda terlihat?

7. Tunjukkan Apa Yang Terjadi di Balik Layar

Bagaimana produk Anda dibuat? Seperti apa suasana dalam kantor Anda? Siapa yang menjalankan perusahaan? Bahan atau material apa saja yang menyusun produk Anda? Percaya atau tidak, konsumen sebenarnya sangat ingin tahu mengenai apa yang terjadi di balik semua produk yang mereka beli. Satu board bertema edukasi dan fun mungkin bisa dibuat dan diisi pin foto produk Anda yang sedang dibuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *