7 Tips Menggunakan Pinterest dalam Bisnis
November 5, 2015
Toko Online Ingin Berkembang ? Jauhi 4 Hal Dibawah Ini
January 27, 2016

Bisnis Online : 5 Kesalahan Dalam Pemanfaatan SEO

      Dalam menjalankan dunia bisnis online dengan menjual suatu produk dengan memanfaatkan website toko online merupakan hal yang sangat menarik. Dengan memiliki sebuah website toko online, Anda nisa dengan bebas memajang barang atau produk yang akan dijual. Tidak berbeda dengan sebuah toko offline, sebuah toko online juga membutuhkan penataan yang baik demi untuk memaksimalkan penjualan produk. Tidak jarang kita temui begitu banyak toko online yang terkesan masih asal-asalan dalam menjajakan barang dagangan atau produknya. Hal ini menjadikan bisnis toko online tidak bisa menghasilkan pendapatan secara maksimal. Dalam bisnis online, ada banyak kesalahan dasar yang sering terjadi pada website toko online. Salah satunya adalah kesalahan dalam pemanfaatan SEO (Search Engine Optimization).
Perlu kita ketahui bahwa website toko online yang sudah masuk dalam daftar penalty google akan sulit untuk dioptimasi kembali. Oleh sebab itu, para pelaku bisnis harus lebih berhati-hati dalam penggunaan SEO.

1. Berlebihan Dalam Penempatan Internal Linking

     Internal linking merupakan sebuah url yang ditanam didalam artikel atau sebuah postingan dengan tujuan untuk memberikan rujukan pada artikel yang lain dan masih berada di dalam satu website. Tujuan utamanya adalah untuk memperkuat value halaman yang diberikan link sehingga akan lebih mudah untuk eksis dihalaman pertama dalam Google. Cara itu sebenarnya boleh-boleh saja Anda lakukan, namun janganlah terlalu berlebihan. Sesuaikanlah antara topik keyword yang relevan dengan kuantitasnya secara bersamaan, jika tidak maka optimasi SEO yang Anda lakukan akan sia-sia.

2. Membeli Link

     Saat Anda menggunakan SEO, namun Anda juga harus membeli link merupakan sebuah kesalahan yang sangat fatal bagi bisnis online Anda. Awalnya mungkin Anda ingin mendapatkan backlink ke situs Anda, namun yang ada justru Anda membuat spam dengan link tersebut. Dan yang paling pasti adalah cara ini tidak disukai oleh Google.

3. Comment Spam

    Komentar spamming biasanya hanya bertujuan demi mendapatkan inbound link. Pelaku komentar spam ini biasanya hanya berkomentar tanpa melihat apa yang sedang dibahas. Efek negatif yang ditimbulkan dari komentar spam tersebut akan membuat reputasi website toko online Anda menjadi buruk, paling tidak buruk dimata pemilik website toko online yang Anda spam. Bagi pemilik website toko online, ada baiknya jika Anda menggunakan facebook comment system. Selain cara tersebut apat meningkatkan engagement di Alexa, facebook comment juga dapat menghindarkan outbond link secara berlebihan pada website toko online Anda.

4. Menerbitkan Konten Yang Tidak Relevan

     Konten yang tidak relevan pada website akan berakibat buruk bagi SEO. Konten tersebut biasanya bertujuan untuk mendatangkan lonjakan trafik, namun ironisnya konten yang tidak relevan justru dapat menghancurkan konten-konten lainnya yang telah Anda buat. SEO bukan mengabaikan irrelevant untuk konten tersebut, melainkan memperluas topik pembahasan dan mempersulit penguatan density keyword. Konten yang mengandung kualitas tinggi sangat mengacu pada relevansi dan keyword density yang perlu diperhatikan dengan serius. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk fokus pada materi yang akan Anda bahas.

5. Mengandalkan Backlink

    Banyak pebisnis online mengandalkan tautan jenis backlink untuk menggenjot kinerja situs bisnis Anda. Hal  positifnya ialah tren ini sukses diterapkan dalam masyarakat di masa lalu. Namun, manfaat-manfaatnya tidak bertahan lama. Telah dikemukakan bahwa mesin pencari tengah menempuh upaya untuk memberantas backlink yang dijual ini. Seringkali, bahkan mata yang tidak terlatih bisa mendeteksi tautan yang dibeli ini di berbagai konten. Sejumlah pola dibentuk dengan serangkaian tautan mungkin tidak masuk akal sama sekali sehingga memicu kecurigaan Google. Di samping itu, Anda mungkin akan menemukan sejumlah tautan yang relevan yang tidak masuk dalam perkiraan. Jelas bahwa indikasi jelasnya ialah bahwa tautan itu dibeli. Intinya, tim mesin pencari akan dengan mudah menemukan tautan yang dibeli.

Terimakasih… Semoga bermanfaat
Salam sukses

1 Comment

  1. maydhi says:

    Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul ” Bisnis Online : 5 Kesalahan Dalam Pemanfaatan SEO “.
    Saya juga mempunyai jurnal yang sejenis yang bisa anda kunjungi di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *